Kelebihan SSD Laptop dan Rekomendasi Produk yang Oke Punya

ssd laptop

Apa itu SSD laptop? Kenapa tipe laptop ini banyak diincar belakangan ini?

SSD adalah kependekan dari Solid State Drive. Ibarat sebuah smartphone, SSD berperan seperti RAM yang amat mempengaruhi kinerja sebuah perangkat laptop.

Nah, dalam hal penyimpanan data, SSD memang sudah jamak menjadi bagian dari inovasi terkini perangkat PC dan laptop keluaran terbaru.

Keberadaan SSD pada sebuah laptop dianggap mampu memuluskan performa laptop itu sendiri dan juga hemat energi. Ini tidak lepas dari bentuk SSD yang dinilai lebih bagus bila dibandingkan dengan pesaingnya, yaitu HDD.

Laptop HDD memiliki media penyimpanan yang berbentuk piringan CD namun lebih tebal, sedangkan penyimpanan laptop SSD berbentuk chip yang lebih mirip flashdisk, namun dengan kualitas yang tentu lebih bagus.

Nah, karena bentuk yang serupa chip itulah, performa teknologi SSD dinilai lebih mumpuni daripada HDD karena tidak harus diputar layaknya HDD pada umumnya. Oleh karena itu, kecepatan menulis dan membaca data pada laptop SSD lebih cepat.

Oh ya, pasti sudah akrab dong, dengan suara bising pada laptop-laptop keluaran lama? Terutama saat laptop itu baru saja dinyalakan.

Nah, drive laptop HDD itu akan terus berputar ketika sistem beroperasi dan hal itulah yang menimbulkan suara bising. Berbeda dengan HDD, laptop SSD sama sekali tidak menimbulkan suara bising karena beroperasi secara nonmekanis.

Nah, sekarang kan kamu sudah tahu nih, apa saja kelebihan laptop SSD dibandingkan dengan HDD. Jadi, penasaran dong perihal laptop mana aja sih yang udah support teknologi SSD di dalamnya?

Ada rekomendasi laptop SSD yang oke punya, nih, buat kamu. Yuk ah, dicek satu per satu!

Dell Inspiron 11-3179

Dengan harga di bawah 6 juta, Dell Inspiron 11-3179 bisa jadi salah satu laptop SSD yang layak kamu pertimbangkan. Laptop ini cocok untuk kalangan pelajar ataupun mahasiswa.

Baca Juga :  Ulasan Seputar Kamera Terbaru Canon 700D dan Harga Canon 700d

Berbekal dukungan prosesor Intel Core berkecepatan 1GHz hingga 2.6 GHz dan punya memori RAM 6 GB serta penyimpanan hingga 128 GB SSD, laptop ini cocok untuk mendukung kebutuhanmu dalam mengerjakan dan menyimpan bermacam hal. Selain itu, desainnya juga elegan dan keren.

Dell Inspiron 11-3179 hadir dengan layar sentuh yang bisa diputar 360 derajat dengan layar berukuran 11,6 inci. Beratnya pun hanya 1,3 kg saja sehingga tidak terlalu menyulitkanmu saat membawanya bepergian.

Lenovo Ideapad 120S 14

Laptop dengan layar 14 inci HD yang punya resolusi hingga 1366 x 768 piksel ini hadir sebagai laptop SSD yang amat bersaing di pasarannya. Yang keren dari layar laptop ini adalah keberadaan fitur anti-glare, sehingga kamu si pemilik kucing yang hobi banget nongkrong di atas laptop bebas dari rasa khawatir.

Dapur pacu Lenovo Ideapad 120S 14 ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N3350 dual core yang punya kecepatan 1.6 GHz hingga 2.16 GHz. Dengan jeroan seperti itu, performa laptop ini terbilang cukup hemat listrik dan tidak gampang panas, lho.

Untuk kebutuhan multitasking, laptop ini hadir dengan kapasitas memori RAM 4 GB dan penyimpanan SSD hingga 128 GB. Sementara itu, berat laptop ini sekitar 1,44 kg yang mana tergolong umum di kelasnya.

Ini adalah tipikal laptop yang cocok digunakan oleh seorang penulis. Kalau ingin memiliki laptop ini, kamu cukup membayar seharga 3 jutaan rupiah. Lumayan terjangkau, kan?

Asus Transformer Book Flip TP200SA

Dengan daya tahan baterai hingga 8 jam, Asus Transformer Book Flip TP200SA cocok jadi pilihan kamu yang sering mobile ke banyak tempat alias nggak bisa diem! Apalagi, laptop ini hanya berukuran 11,6 inci, sehingga asyik banget buat dibawa ke mana-mana. Dari segi tampilan, bisa dibilang Asus Transformer Book Flip TP200SA tampil dengan dimensi yang ringan, tipis, dan kompak sehingga terlihat amat menawan.

Baca Juga :  Oppo A83 Spesifikasi dan Review Terbaru

Sementara itu, jeroan Asus Transformer Book Flip TP200SA berisi prosesor Intel Pentium N3700 quad-core yang punya kecepatan 1.6 GHz hingga 2.4 GHz. Selain itu, kapasitas memori RAM-nya juga cukup besar, yaitu 4 GB dengan penyimpanan hingga SSD 128 GB.

Yup, itulah kelebihan SSD laptop dibandingkan dengan HDD. Kalau tertarik dengan laptop yang punya media penyimpanan seperti ini, coba pertimbangkan rekomendasi laptop di atas, ya!