Langkah-Langkah untuk Melakukan Kalibrasi Baterai Root

kalibrasi baterai root

Kalibrasi baterai root adalah salah satu cara umum yang dilakukan untuk mengembalikan atau meningkatkan performa baterai yang sudah menurun. Ada beberapa cara mudah dalam melakukan proses kalibrasi ini dan Anda pun bisa mencobanya. Berikut ini kita akan membahas tentang beberapa metode kalibrasi baterai root beserta langkah-langkahnya.

Cara Kalibrasi Baterai Root Android Secara Manual

Untuk melakukan cara kalibrasi baterai root yang satu ini, Anda dapat melakukan dengan mudah tanpa bantuan software atau aplikasi apapun meskipun langkah-langkah yang harus Ada jalankan adalah yang paling banyak jika dibandingkan dengan cara-cara lainnya.

Cara manual pertama.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

·         Gunakan smartphone Anda hingga baterainya habis dengan melakukan berbagai aktivitas hingga smartphone Anda mati dengan sendirinya.

·         Lakukan proses charging mulai dari keadaan smartphone mati hingga kapasitas baterai terisi penuh atau mencapai 100%.

·         Setelah proses charging selesai, cabut kabel daya dan biarkan smartphone Anda dalam keadaan mati selama 1 jam.

·         Setelah satu jam, Anda bisa menyalakan kembali smartphone Anda dan menggunakannya dengan baterai yang sudah terkalibrasi.

Cara manual kedua.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

·         Dari keadaan on atau sedang aktif, charge smartphone Anda sampai penuh hingga kapasitas baterai mencapai 100%.

·         Setelah baterai penuh dalam kondisi smartphone menyala, matikan smartphone lalu charge kembali baterai hingga penuh atau 100%.

·         Cabut charger Anda, lalu nyalakan smartphone. Setelah smartphone menyala, kembali charge hingga mencapai 100%.

·         Setelah baterai mencapai 100%, cabut charger dan biarkan smartphone Anda mati dengan sendirinya tanpa digunakan.

·         Setelah smartphone Anda mati, charge kembali dari keadaan tersebut hingga baterai penuh atau mencapai 100%.

Baca Juga :  Spefisikasi Lengkap dan Harga Lenovo K5 Pro RAM 6GB: Murah Cuma 2 Jutaan!

·         Proses kalibrasi selesai setelah baterai Anda mencapai kapasitas 100%.

Cara Kalibrasi Baterai Root Android Dengan Bantuan Recovery Mode

Untuk dapat melakukan proses kalibrasi Baterai Root Android yang satu ini, Smartphone Android Anda sudah harus mendukung Recovery Mode. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk cara kalibrasi ini adalah sebagai berikut:

·         Matikan smartphone Anda, lalu tekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.

·         Jika dilakukan dengan benar, langkah pertama di atas akan membawa Anda masuk ke Recovery Mode.

·         Di sini, Anda akan menemukan beberapa pilihan action. Pilih opsi Advanced Section, di mana Anda akan menemukan opsi Hapus Statistik Baterai. Pilih opsi tersebut untuk memulai proses kalibrasi.

·         Setelah langkah ketiga di atas, maka Anda tinggal menghabiskan baterai smartphone Anda hingga mati.

·         Charge smartphone Anda hingga mencapai kapasitas baterai penuh atau 100%, lalu nyalakan kembali smartphone. Proses kalibrasi pun selesai.

Cara Kalibrasi Baterai Root Android dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara kalibrasi terakhir ini dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi kalibrasi baterai yang bisa Anda download secara gratis dari AppStore maupun dari PlayStore. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi Battery Calibration. Setelah proses download selesai, luncurkan aplikasi untuk memulai proses kalibrasi. Langkah-langkahnya cukup mudah, yakni:

·         Pastikan smartphone Anda berada dalam keadaan terisi penuh atau kapasitas baterai 100%. Jika belum, charge smartphone hingga baterai penuh.

·         Jalankan aplikasi Battery Calibration lalu tekan tombol Battery Calibration yang ada di tengah. Setelah beberapa saat, akan muncul notifikasi “Calibration Succeeded”. Tekan OK.

·         Setelah langkah ketiga, Anda harus menggunakan smartphone hingga mati atau baterainya habis.

Baca Juga :  Oppo A83 Spesifikasi dan Review Terbaru

·         Charge ulang smartphone mulai dari kondisi baterai 0% hingga baterai penuh atau mencapai 100%.

·         Nyalakan smartphone dan proses kalibrasi pun selesai.

kalibrasi baterai root

Itu dia beberapa cara kalibrasi baterai root yang bisa Anda coba untuk meningkatkan performa baterai smartphone Anda. Selamat mencoba!