Cara Melakukan Kalibrasi Baterai HP

kalibrasi baterai hp

Kegunaan Baterai HP
Smartphone adalah salah satu gadget paling populer di masyarakat saat ini. Perangkat yang satu ini populer berkat kepraktisan yang ditawarkan bagi para pengguna atau user. Banyak sekali merek dan varian smartphone yang dijual di pasaran. Ada yang murah hingga yang mahal dengan kualitas yang bervariasi. Meskipun satu hal yang membuat semua produk smartphone sama adalah sumber daya yang digunakan.

Merek smartphone manapun pasti masih menggunakan baterai sebagai sumber daya, baik yang bisa dikeluarkan dari smartphone (removable) maupun yang tertanam dan tidak bisa dikeluarkan dari smartphone (non removable). Baterai HP sendiri berfugsi sebagai alat untuk menyimpan sumber listrik yang akan memberikan daya bagi smartphone agar bisa berjalan. Setelah pemakaian selama beberapa waktu, maka baterai dalam smartphone Anda akan habis dan Anda harus melakukan proses isi ulang (charge) agar bisa kembali mengoperasikan smartphone. Saking pentingnya baterai, kita bisa menemukan beberapa perangkat yang berfungsi untuk mendukung kinerja baterai smartphone. Sebut saja powerbank maupun charger baterai, yang mengizinkan pemilik smartphone untuk tetap mengoperasikan smartphone tanpa harus menunggu hingga baterai penuh.

Mengganti Baterai HP Yang Rusak
Yang namanya peralatan elektronik, pasti suatu saat akan rusak atau menurun kinerjanya. Hal yang sama juga berlaku untuk baterai HP. Saat pertama kali baru digunakan setelah dibeli, smartphone Anda mungkin tahan dipakai seharian tanpa harus melakukan isi ulang. Namun setelah beberapa lama, kinerja baterai akan mengalami penurunan sehingga Anda mungkin harus beberapa kali melakukan isi ulang dalam satu hari agar tetap dapat menggunakan smartphone. Ketika baterai smartphone Anda mulai mengalami penurunan fungsi, maka itu mungkin adalah waktunya bagi Anda untuk mengganti baterai smartphone Anda dengan baterai yang baru. Ini adalah solusi paling mudah dan cepat untuk dapat menggunakan smartphone dengan baterai yang bekerja secara optimal. Tapi, tahukah Anda bahwa ada pula cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kinerja baterai smartphone Anda tanpa harus menggantinya? Ya, cara yang dimaksud adalah kalibrasi baterai HP.

Baca Juga :  Sudah Tahu Harga Hp Nokia X6 Terbaru Dan Spesifikasinya? Simak Ulasannya Yuk!

Cara Kalibrasi Baterai HP
Pada dasarnya, kalibrasi baterai HP tidak akan memberikan Anda performa seperti baterai baru, namun hanya berfungsi untuk memperbaiki kemampuan baterai menampilkan informasi dengan lebih akurat. Kemampuan ini memang akan menurun seiring dengan usia baterai sehingga seringkali terjadi persentase baterai tersisa yang ditampilkan tidak sesuai dengan sisa baterai sebenarnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat akan melakukan kalibrasi baterai HP Android Anda.

Kalibrasi Baterai HP Secara Manual.
Cara kalibrasi yang satu ini adalah yang paling umum digunakan banyak orang karena prosesnya yang mudah. Cukup lakukan beberapa langkah mudah mematikan dan menyalakan smartphone dan baterai Anda pun akan kembali berfungsi secara normal.

Kalibrasi Baterai HP Menggunakan Aplikasi.
Cara ini mungkin lebih mudah dari cara pertama walaupun Anda diharuskan untuk meng-install program tertentu untuk dapat menjalankannya. Ada beberapa aplikasi untuk melakukan proses kalibrasi Baterai HP yang dapat Anda download secara gratis atau cuma-cuma. Beberapa di antaranya adalah Baterai Monitor dan Baterai Callibration.

kalibrasi baterai hp

itu dia beberapa cara melakukan kalibrasi baterai Android pada smartphone Anda. Cara-cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Cara mana yang Anda pilih tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda, semuanya akan memberikan hasil yang kurang lebih sama. Selamat mencoba.